Bagian Bagian Pada Motherboard

Papan induk (bahasa inggris : motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik pc yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. (sumber : wikipedia)




1.    PCI Express
PCI express adalah slot ekspansi module yang didesain untuk menggantikan PCI Bus yang lama. PCI express mempunyai kelebihan transfer data yang lebih cepat. Fungsinya untuk membantu kita bekerja pada dunia grafis dan desain.
2.      Slot PCI
     Berfungsi sebagai tempat kartu-kartu tambahan seperti soundcard, modem internal, LAN card, TV tuner, dan komponen lain yang cocok atau mempunyai bentuk slot PCI.
3.      Slot AGP 
      Berfungsi sebagai tempat VGA card.
4.      3-pin fan connectors
Kipas processor pun punya konektor power tersendiri. Konektor tersebut berjumlah 3. Yang dihubungkan ke motherboard. Fungsi dari pin tersebut digunakan untuk mengetahui jumlah putaran kipas processor.
5.      Back panel and I/O connectors
Bagian back panel adalah bagian dari motherboard yang menghadap ke luar casing dan dapat diakses dari luar. Back panel ini mempunyai beberapa konektor yang lazim ditemui diantaranya:
a.      PS/2 Port – Port untuk menghubungkan mouse/keyboard.
b.      USB Port – Port menghubungkan peripheral dengan interface USB.
c.       S/PDIF Port – Menghubungkan konektor audio S/PDIF
d.      RJ-45 Lan Port – Menghubungkan kabel jaringan LAN
e.      Audio Port – Menghubungkan mobo ke sistem audio/ speaker.
6.      Heatsink
Fungsi heatsink adalah membantu proses pendinginan sebuah processor.Secara teknik, semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut.
7.      P4 power Connector
      Berfungsi untuk daya listrik CPU/Prosesor
8.      Inductor
Fungsinya Sebagai pemroses sinyal pada rangkaian analog, Dapat menghilangkan noise ( dengung ), Dapat mencegah interferensi frekuensi radio, Sebagai komponen utama pembuatan transformator, Sebagai filter pada rangkaian power supply
9.      Kapasitor
Sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik, sebagai isolator atau penahan arus listrik pada arus DC, sebagai konduktor atau melewatkan arus listrik pada arus AC.
10.  Slot CPU
Fungsinya sebagai tempat dipasangnya otak dari komputer (Processor), atau lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit)
11.  Chipset Northbridge
      Berfungsi untuk mengatur data dari CPU, memory dan slot PCI express.
12.  Slot Fan Headers
Socket ini berfungsi untuk memberikan daya pada kipas yang terpasang pada heatsink processor, socket sperti ini biasanya terdapat 3 pin kabel yang berfungsi 2 pin memberikan daya pada fan atau kipas, sedangkan pin yang ke 3 berfungsi agar bios dapat mengontrol kecepatan dari putaran fan atau kipas tersebut.
13.  Screw Hole
Screw hole adalah lubang skrup. Fungsinya sebagai tempat dipasangnya skrup
14.  Slot Memory
Socket ini berfungsi untuk memasang memory card (RAM), Memory atau RAM ada beberapa Jenis seperti SDRAM,DDR1,DDR2 dan DDR3. pada motherboard type terbaru saat ini biasanya sudah mendukung jenis memory DDR2 atau DDR3 dengan arsitektur dual channel.
15.  Super I/O
Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU.
16.  Floppy Connector
Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk.
17.  IDE Connector
Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave.
18.  Socket Power 24 pin
      Berfungsi untuk menghubungkan ke power supply untuk daya listrik motherboard.
19.  Socket SATA
     Berfungsi untuk menghubungkan hard disk dan DVD ROM drive. Kecepatan transfer data 150 MB/s.
20.  Batere CMOS
     Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.
21.  ATA RAID
Adalah antarmuka standar untuk menghubungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer.
22.  System panel connectors
Fungsinya untuk mengontrol tombol komputer power, tombol reset, dan LED yang ditemukan pada bezel depan komputer menggunakan kabel sistem panel. Kabel panel System, seperti yang ditunjukkan pada gambar ke kanan, dua kabel kawat yang diberi kode warna untuk membantu mengidentifikasi di mana mereka terhubung ke sistem panel konektor motherboard
23.  PWH In PLCC
FWH adalah bagian dari Intel Accelerated Hub Architecture yang berisi sistem BIOS dan terpadu Video BIOS pada salah satu komponen. Firmware Hub terhubung langsung ke I / O Controller Hub (ICH) tanpa memerlukan bus ISA.
24.  Chipset Southbridge
    Berfungsi untuk mengatur perangkat penyimpanan data, perangkat keluaran dan masukan yang transfer datanya kecil.
25.  Port Serial
    Berfungsi untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse, keyboard dan piranti lain yang bentuk portnya sama dengan paralel port.
26.  USB Header
Berfungsi untuk menghubungkan semua hardware seperti mouse, keyboard, printer, Flash disk, camera digital, dan lain – lain yang menggunakan kabel tipe USB
27.  Jumper
Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard computer. Fungsi Jumper ini dalam komputer digunakan untuk menyetting perlengkapan komputer sesuai dengan keperluan.
28.  SATA RAID
Berfungsi untuk Sebagai STRIPE dimana 2 harddisk yang tersinstall akan dijadikan satu dengan jumlah volume penjumlahan dari keduanya. Jadi kalo 40 g dengan 40 g makan akan menjadi 80 G dan juga berfungsi  sebagai Mirror. Dimana hardisk yang satu akan menjadi duplikasi harddisk yang lain ibaratnya seperti kaca. Jadi Volumenya tetap 40 g. Biasanya sering digunakan untuk Komputer Server.
29.  Integrated circuit
Adalah suatu komponen elektronik yang dibuat dari bahan semi conductor, dimana IC merupakan gabungan dari beberapa komponen seperti Resistor, Kapasitor, Dioda dan Transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian berbentuk chip kecil, IC digunakan untuk beberapa keperluan pembuatan peralatan elektronik agar mudah dirangkai menjadi peralatan yang berukuran relatif kecil. Sebelum adanya IC, hampir seluruh peralatan elektronik dibuat dari satuan-satuan komponen(individual) yang dihubungkan satu sama lainnya menggunakan kawat atau kabel, sehingga tampak mempunyai ukuran besar serta tidak praktis.
30.  1394 headres
merupakan sebuah standar/spesifikasi bus input/output serial yang berkecepatan tinggi dan bersifat umum (non-proprietary) yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat digital seperti halnya komputer pribadi dan perangkat lainnya (kamera digital, jaringan, dan lain-lain). Spesifikasi ini dikembangkan dan diusulkan oleh Apple Computer untuk menghubungkan perangkat-perangkat digital ke komputer pribadi pada kecepatan hingga 393 megabit per detik (dibulatkan menjadi 400 megabit per detik).
31.  Port SPDIF
Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.

Related Works